Beranda > Fiksi(kah?) > Mabrur tanpa berhaji…

Mabrur tanpa berhaji…

Suatu ketika Hasan Al-Basyri menunaikan ibadah haji. Ketika beliau sedang beristirahat, beliau bermimpi. Dalam mimpinya beliau melihat dua Malaikat sedang membicarakan sesuatu. Malaikat membicarakan bahwa tidak ada yang hajinya mabrur di tahun ini. Hal ini disebabkan karena riya’, ada yang tetangganya lebih memerlukan uang tetapi tidak dibantu dan malah pergi haji, ada yang hajinya sudah berkali-kali, sementara masih banyak orang yang tidak mampu, dan berbagai sebab lainnya. Namun tetap ada orang yang mendapatkan Pahala haji mabrur, meskipun orangnya tidak naik haji. Dia bernama Sa’id bin Muhafah, tukang sol sepatu di kota Damsyiq.
Hasan Al-Basyri terkejut dan langsung terbangun. Sepulang dari Mekkah, ia tidak pulang ke Mesir, tetapi langsung menuju kota Damsyiq (Siria). Sesampai disana ia langsung mencari tukang sol sepatu yang disebut Malaikat dalam mimpinya. Akhirnya Hasan Al-Basyri menemukan tukang sol sepatu yang berpakaian lusuh, “Benarkah Anda yang bernama Sa’id bin Muhafah?” tanya Hasan Al-Basyri. “Betul, kenapa?” Hasan Al-Basyri segera menceritakan perihal mimpinya. “Sekarang saya tanya, adakah sesuatu yang telah Anda perbuat, sehingga Anda berhak mendapatkan pahala haji mabrur, barangkali mimpi itu benar.” Selidik Hasan Al-Basyri sambil mengakhiri ceritanya.
“Saya sendiri tidak tahu, yang pasti sejak puluhan tahun yang lalu saya memang sangat rindu Mekkah, untuk menunaikan ibadah haji. Mulai saat itu setiap hari saya menyisihkan uang dari hasil kerja saya sebagai tukang sol sepatu. Sedikit demi sedikit saya kumpulkan. Pada tahun ini sebenarnya telah terkumpul. Namun suatu ketika saya diminta istri yang sedang ngidam membelikan daging yang dia cium, saya cari sumber daging itu, ternyata berasal dari gubug yang hampir rutuh, disitu ada seorang janda dan enam anaknya. Saya bilang padanya bahwa istri saya ingin daging yang ia masak meskipun secuil. Ia bilang tidak boleh, hingga saya bilang bahwa dijual berapapun akan saya beli, namun ia tetap mengelak. Akhirnya saya tanya kenapa?.. Daging ini halal untuk kami namun haram untuk tuan, katanya. “Karena daging ini adalah daging bangkai keledai, yang bagi kami daging ini adalah halal, tetapi bagi tuan adalah haram, karena andai kami tak memakannya tentulah kami akan mati kelaparan.” Jawabnya sambil menahan air mata.
“Mendengar ucapan tersebut spontan saya menangis, lalu saya pulang, saya ceritakan kejadian itu pada istriku dan diapun menangis. Akhirnya uang bekal hajiku kuberikan semuanya untuk dia.” Mendengar cerita tersebut Hasan Al-Basyripun tak bisa menahan air mata. “Kalau begitu engkau memang patut mendapatkannya” Ucapnya. Wallahu’alam.

Kategori:Fiksi(kah?)
  1. 19 Juli 2013 pukul 10:40

    What i don’t realize is in reality how you’re no longer really much more well-favored than you might be right
    now. You’re very intelligent. You realize thus considerably in the case of this matter, made me for my part consider it from so many numerous angles. Its like women and men don’t seem to be
    fascinated unless it is something to do with Girl gaga! Your own stuffs nice.
    All the time take care of it up!

  2. 9 Agustus 2013 pukul 06:46

    You’re so cool! I do not suppose I’ve read anything like that before.
    So good to find another person with a few unique thoughts on this
    topic. Seriously.. many thanks for starting this up. This web site is one thing that’s needed on the internet, someone with a bit of originality!

  3. 12 September 2013 pukul 06:11

    WOW just what I was searching for. Came here by searching
    for workouts shipley

  4. 4 April 2014 pukul 22:53

    Good day! Do you know if they make any plugins to protect against hackers?

    I’m kinda paranoid about losing everything I’ve worked hard on.
    Any recommendations?

  5. 16 Mei 2014 pukul 00:01

    I have read so many posts regarding the blogger lovers but this
    article is genuinely a pleasant post, keep it up.

  6. 5 Oktober 2014 pukul 03:33

    I’m not that much of a online reader to be honest but your blogs
    really nice, keep it up! I’ll go ahead and bookmark your site to
    come back later on. All the best

  7. 9 Februari 2015 pukul 15:15

    Hey There. I discovered your blog tthe usage of msn. Thatt is
    a really neatly written article. I will make syre to bookmark it and return to read extra of your helpful info.
    Thank you for tthe post. I will certainly return.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

